qu

qu

Saturday, April 6, 2013

model pembelajarn kooperatif tipe STAD


MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE STAD

1.      PENGERTIAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD
Menurut wina (2008:242) menjelaskan bahwa pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran menggunakan sistem pengelompokkan atau tim kecil,yaitu antara 4-5 orang yang mempunyai latar belakang kemampuan akademik,jenis kelamin,ras atau suku yang berbeda (heterogen)
Johnson (dalam Etin Solihatin,2005 :4 ) menyatakan bahwa :pembelajaran kooperatif adalah pemanfaatan kelompok kecil dalam pembelajaran yang memungkinkan siswa bekerja sama.
Model kooperatif tipe STAD merupakan pendekatan yang menekankan pada aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotifasi dan saling membantu dalam menguasai materi pembelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal.
2.      Karakteristik pembelajaran STAD ( Student Team Achievement Division)
n  Menyampaikan materi pelajaran
n  Membagi siswa dalam kelompok kooperatif yang beranggotakan 4 atau 5 siswa
n  Menjelaskan langkah-langkah kerja kelompok
n  Membimbing siswa dalam kerja kelompok
n  Menugasi siswa melaporkan hasil kerja kelompok
n  Membimbing siswa menyimpulkan pembelajaran

3.      Sintaksis / langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe STAD      
Menurut salvin ( dalam Zainuris,
2007:8 ) mengemukakan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah :
a)      Guru menyampaikan materi pelajaran
b)      Guru membentuk beberapa kelompok,setiap kelompok terdiri dari empatsampai lima orang siswa dengan kemampuan yang berbeda-beda
c)      Bahan atau materi yang telah dipersiapkan didiskusikan dalam kelompok untuk mencapai kompetensi dasar
d)     Guru memfasilitasi siwa  dalam bentuk rangkuman,mengarahkan,dan memberikan penegasan pada pada materi pelajaran yang telah dipelajari; e) Guru memberikan tes /kuis  kepada siswa secara individu
e)      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok berdasarkan perolehan nilai hasil belajar individu dari skor dasar ke skor kuis berikut nya.

Nurasma (2006:51) menyatakan bahwa kegiatan pembelajaran model STAD terdiri dari enam langkah yaitu :
a)      persiapan pembelajaran
b)      penyajian materi
c)      Belajar kelompok
d)     tes
e)      penentuan skor peningkatan individual
f)       penghargaan kelompok.

4.      Kelebihan dan Kekurangan pembelajaran Tipe STAD
A)    Kelebihan model pembelajaran Kooperatif STAD
Menurut Davidson (dalam Nurasma,2006:26) : 
*      Meningkatkan kecakapan individu
*      Meningkatkan kecakapan kelompok
*      Meningkatkan komitmen
*      Menghilangkan prasangka buruk terhadap teman sebaya
*      Tidak bersifat kompetitif
*      Tidak memiliki rasa dendam

B)    Kekurangan model pembelajaran kooperatif STAD
     Menurut Slavin (dalam Nurasma 2006:2007 )yaitu:
*      Konstribusi dari siswa berprestasi rendah menjadi kurang
*      Siswa berprestasi tinggi akan mengarah pada kekecewaan karena peran anggota yang pandai lebih dominan.

No comments:

Post a Comment