MODEL
PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE
TAI
1. Pengertian
Model pembelajaran TAI
Model pembelajaran kooperatif tipe TAI
merupakan model pembelajaran yang membentuk kelompok kecil yang heterogen
dengan latar belakang cara berfikir yang berbeda untuk saling membantu terhadap
siswa lain yang membutuhkan bantuan. (Suyitno,2002:9).
Pembelajaran kooperatif merupakan
stategi pembelajaran yang mendorong siswa aktif menemukan sendiri
pengetahuannya melalui ketrampilan proses (Henny, 2003:20).
Disamping itu dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam kelompok kecil.
Siswa yang pandai dapat mengembangkan kemampuan dan ketrampilannya, sedangkan
siswa yang lemah dapat terbantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.
Ciri khas tipe TAI adalah setiap
siswa secara individual belajar materi pembelajaran yang sudah dipersiapkan
oleh guru. Terjemahan bebas dari TAI adalah Bantuan Individual dalam kelompok
(bidak) dengan karakteristik dahwa tanggung jawab delajar adalah pada siswa.
Oleh karena itu siswa harus membangun pengetahuan tidak menerima bentuk jadi
dari guru (Driver,1980).
2.
Sintak model pembelajaran TAI
Menurut slavin
(1985) langkah-langkah pembelajaran TAI adalah sebagai berikut :
1)
Buat kelompok heterogen dan berikan
bahan ajar berupa modul
2)
Siswa belajar kelompok dengan dibantu
oleh siswa yang pandai
3)
Anggota kelompok secara individual
saling bertukar jawaban, saling berbagi sehingga terjadi diskusi
4)
Penghargaan kelompok dan refleksi
serta tes formtif
LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI
1.
Guru menyiapkan materi bahan ajar yang
akan diselesaikan oleh kelompok siswa.
2.
Guru memberikan pre-test kepada siswa
atau melihat rata-rata nilai harian siswa agar guru mengetahui kelemahan siswa
pada bidang tertentu. (Mengadopsi komponen Placement Test).
3.
Guru memberikan materi secara singkat.
(Mengadopsi komponen Teaching Group).
4.
Guru membentuk kelompok kecil yang
heterogen tetapi harmonis berdasarkan nilai ulangan harian siswa, setiap
kelompok 4-5 siswa. (Mengadopsi komponen Teams).
5.
Setiap kelompok mengerjakan tugas dari
guru berupa LKS yang telah dirancang sendiri sebelumnya, dan guru memberikan
bantuan secara individual bagi yang memerlukannya. (Mengadopsi komponen Team
Study).
6.
Ketua kelompok melaporkan keberhasilan
kelompoknya dengan mempresentasikan hasil kerjanya dan siap untuk diberi
ulangan oleh guru. (Mengadopsi komponen Student Creative).
7.
Guru memberikan post-test untuk
dikerjakan secara individu. (Mengadopsi komponen Fact Test).
8.
Guru menetapkan kelompok terbaik
sampai kelompok yang kurang berhasil (jika ada) berdasarkan hasil koreksi.
(Mengadopsi komponen Team Score and Team Recognition).
9.
Guru memberikan tes formatif sesuai
dengan kompetensi yang ditentukan.
Menurut slavin (1995:101-104) model
pembelajaran TAI memiliki 8 komponen yaitu :
1)
Teams yaitu pembentukan kelompok
heterogen yang terdiri atas 4-5 orang siswa
2)
Placement test yaitu pemberian
pre-test kepada siswa atau melihat rata-rata nilai harian siswa agar guru
mengetahui kelemahan siswa pada bidang tertentu.
3)
Curiculum materials yaitu siswa bekerja
secara individual tentang materi kurikulum.
4)
Team study yaitu tahapan tindakan
belajar yang harus dilaksanakan oleh guru dan kelompok pada siswa yang
membutuhkan bantuan.
5)
Team scores and teams recognition
yaitu pemberian skor atau penghargaan terhadap hasil kerja kelompok dalam
menyelesaikan tugas.
6)
Teaching group yaitu pemberian meteri
secara singkat oleh guru sebelum pemberian tugas.
7)
Fact test yaitu pelaksanaan test kecil
berdasarkan fakta yang diperoleh siswa.
8)
Whole-class units yaitupemberian
materi oleh guru diakhir waktu pembelajaran dengan strategi pemecahan masalah.
Ciri-ciri model pembelajaran TAI (Team
Assisted-Individualization atau Team Accelerated):
(1) Belajar bersama dengan teman
(2) Selama proses belajar terjadi tatap muka antar teman
(3) Saling mendengarkan pendapat di antara anggota kelompok
(4) Belajar dari teman sendiri dalam kelompok
(5) Belajar dalam kelompok kecil
(6) Produktif berbicara atau saling mengemukakan pendapat
(7) Keputusan tergantung pada mahasiswa sendiri
(8) Mahasiswa aktif (Stahl, 1994). Dan yang paling utama
adalah setiap siswa secara individual belajar materi pembelajaran yang sudah
dipersiapkan oleh guru.
Model pembelajaran kooperatif memiliki
kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Hal demikian juga dimiliki model
pembelajaran kooperatif tipe TAI.
Berikut ini adalah kelebihan dan kelemahan model pembelajaran tipe TAI.
1.
Kelebihan
Ø
Meningkatkan hasil belajar
Ø
Meningkatkan motivasi belajar
Ø
Mengurangi perilaku yang mengganggu
dan konflik antar pribadi
Ø
Siswa yang lemah dapat terbantu dalam
menyelesaikan masalah
Ø
Siswa diajarkan bagaimana bekerjasama
dalam suatu kelompok
Ø
Siswa yang pandai dapat
mengembangkan kemampuan dan
keterampilannya
Ø
Adanya rasa tanggung jawab dalam
kelompok dalam menyelesaikan masalah
Ø
Menghemat presentasi guru sehingga
waktu pembelajaran lebih efaktif
Ø
Program ini bisa membantu siswa yang
lemah/ siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi belajar.
Ø
Model pembelajaran Team Assisted
Individualization membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta
didik dan mengurangi anggapan banyak peserta didik bahwa matematika itu sulit.
Ø
Pada model pembelajaran kooperatif
tipe Team Assisted Individualization peserta didik mendapatkan
penghargaan atas usaha mereka.
Ø
Melatih peserta didik untuk bekerja
secara kelompok, melatih keharmonisan dalam hidup bersama atas dasar saling
menghargai.
2.
Kelemahan
Ø
Tidak semua mata pelajaran cocok
diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted
Individualization (TAI).
Ø
Apabila model pembelajaran ini
merupakan model pembelajan yang baru diketahui, kemungkinan sejumlah peserta
didik bingung, sebagian kehilangan rasa percaya diri dan sebagian mengganggu
antar peserta didik lain
Ø
Siswa yang kurang pandai secara tidak
langsung akan menggantungkan dirinya pada siswa yang pandai
Ø
Tidak ada persaingan antar kelompok
Ø
Tidak semua materi dapat diterapkan
pada metode ini.
Ø
Membutuhkan pengelolaan kelas yang
baik
Ø
Memungkinkan adanya anggota kelompok
yang pasif
mba boleh dicantumkan refrensinya yaaa
ReplyDeletetrims banyak